Dzaakirah

Juni 17, 2023


Dzaakirah. 
Mengenang awal-awal hijrah yang berlanjut di kota Daeng. Mengikuti jejak akhwat senior yang umumnya menggunakan nama hijrah sebagai panggilan akrab, juga beserta doa dan harapan yang turut tersemat bersamanya. Aku pun mencari-cari nama yang tepat. Seorang kakak menawarkan beberapa pilihan nama. Lalu aku terpikat pada nama yang bermakna dalam ini. 

Namun nama itu hanya bertahan beberapa hari. Aku pun meralatnya dengan nama hijrah yang lain, yang lebih mudah mengejanya. Dzaakirah rentan diplesetkan menjadi Zakirah atau Sakirah, hematku waktu itu, hehe. 

Jadilah nama ini kusematkan pada anak pertama berwujud blog sederhana yang masih kurang terurus ini. Berharap tulisan di dalamnya bisa menjadi bagian dari "segala apa yang membawa pada dzikrullah", pengingat bagi penulisnya dan bagi yang lain, aamiin. 

Dzaakirah, akhirnya menjadi nama bagi anak pertama yang sesungguhnya. Semoga ia tumbuh sebagaimana makna dalam namanya. Banyak mengingat Allah dan mengingatkan orang-orang di sekitarnya kembali kepada Allah subhanahu wata'ala. Aamiin allahumma aamiin. 
***

“Ketahuilah sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat apa saja yang ada didalamnya kecuali dzikir kepada Allah, amalan yang mendekatkan kepada Allah, orang yang berilmu atau orang yang belajar ilmu” [HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah) 


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Total Tayangan Halaman